CARA MENGGUNAAN ALAT PEMADAM API

Diposting oleh Vinci Fire Protection on Rabu, 15 April 2015

Di artikel ini akan dijelaskan cara menggunakan alat pemadam api ringan (APAR)

Sebelum menggunakan tabung pemadam / alat pemadam api ringan (APAR) sebaiknya kita membaca petunjuk terlebih dahulu. Petunjuk penggunaan biasanya tertera pada tabung pemadam api tersebut. Meskipun ada beberapa tipe alat pemadam api ringan ( APAR ), cara penggunaan masing - making tipe hampir sama.

Alat pemadam api ringan (APAR) normalnya memiliki 10 - 20 detik lama pancaran, tergantung ukuran dari tabung pemadam api tersebut. Kadang terjadi lama pancaran berkurang dari yang seharusnya dikarenakan kondisi tabung pemadam api yang tidak siap pakai, misalnya : petunjuk tekanan tidak pada kondisi sebenarnya (meter turun), segel lepas / pernah digunakan sebelumnya. Selalu baca petunjuk yang ada di tabung pemadam api dan kenalilah bagian - bagiannya. Sangat disarankan perlunya pelatihan langsung untuk menggunakan tabung pemadam api sesuai prosedur keselamatan.

Setelah api padam, jangan langsung pergi. Berjaga - jagalah jika ada api yang timbul kembali. Segera isi ulang APAR / tabung pemadam setelah digunakan.

Berikut prosedur menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) / tabung pemadam:


P  A  S  S
  1. PULL. Tarik pin pengunci yang ada dibagian valve atas tabung pemadam
  2. AIM. Arahkan nozzle / ujung selang ke titik api
  3. SQUEEZE. Pegang gagang dan tekan untuk mengeluarkan isi APAR / tabung pemadam
  4. SWEEP. Sapukan secara merata sampai api padam

Operasikan APAR / tabung pemadam pada tempat yang aman, kira - kira 3 meter dari api. Usahakan searah dengan arah angin. Ingat : arahkan pada pangkal api, bukan kobaran apinya.
Perhatikan jenis kebakaran, dan gunakan APAR yang sesuai dengan kelas kebakaran sumber api.

Untuk informasi pelatihan dan isi ulang APAR / tabung pemadam dapat menghubungi kami. Waktu pelatihan dapat menyesuaikan dengan jadwal perusahaan Anda, dan jasa pelatihan yang kami berikan tidak dipungut biaya (gratis).

Ditulis oleh: Vinci Fire Protection VINCI PUTRA JAYA SEMARANG Updated at : 08.02

{ 4 komentar... read them below or add one }

fendy mengatakan...

Kegunaan Alat Pemadam Api adalah untuk melindungi lingkungan. Sementara alat pemadam kebakaran diperlukan untuk memadamkan api kecil, mereka juga memiliki manfaat luar biasa terhadap lingkungan. Dengan memiliki kemampuan untuk mengendalikan kebakaran, alat pemadam kebakaran membatasi jumlah polusi yang disebabkan oleh asap dan puing-puing yang terbakar.

Jangan KLIK DISINI bila anda tidak ingin memahami lebih jauh.

Kisah Pemadam Api mengatakan...

apa yg terjadi saat itu lokasi kebakaran .
yah kasian klo habis hangus semua.
maka dari itu pake apar ya gan . ini saya kasih referensi nih .
www.tabung-pemadam.com
hubungi segera
082140010901

gaemachemer mengatakan...

2017 ford fusion hybrid titanium - TikTok
In 2017, titanium scooter bars Fusion Titanium won the titanium stud earrings "Best race tech titanium Price" Prize, the equivalent used ford edge titanium of $600,000 on a citizen eco drive titanium watch new "new 3D Model".

Anonim mengatakan...

lo060 zapatillasdiesel,blundstone 500,chaussure superga bebe,xn--supergatrkiye-3ob,superga south africa,pumachile,norrona ski bibs,fjällräven norge,fjallraven rugzak co433

Posting Komentar